Unwar Genjot Semangat Meneliti di Kalangan Mahasiswa

Universitas Warmadewa (Unwar) terus menggenjot semangat meneliti di kalangan mahasiswa. Belum lama ini dosen Unwar sukses menghasilkan 36 proposal ke Dirjen Dikti, kini mahasiswanya dilatih penelitian karya tulis ilmiah untuk diajukan ke Dikti.

Rektor Unwar, Prof. Dr. I Made Sukarsa, S.E., M.S., saat membuka pelatihan penelitian karya tulis ilmiah bagi mahasiswa Unwar, Sabtu (15/3) kemarin, mengungkapkan pihaknya belum berani memberi target tinggi proposal dosen yang lolos ke Dikti. Dari 36 proposol dosen, lima proposal diharapkan menang hibah bersaing. Sedangkan untuk tingkat mahasiswa ia targetkan menang 1-3 proposal. ”Kami akan terus menumbuhkan semangat meneliti di kalangan dosen dan mahasiswa, untuk memantapkan atmosfer akademis di kampus,” ujarnya.

Berbagai cara yang ditempuh I Made Sukarsa yakni dengan menghadirkan mahasiswa dan dosen yang sering memenangkan proposal penelitian hibah bersaing. Di samping itu, mahasiswa sekarang dibina oleh dosen secara berkesinambungan.

Made Sukarsa yang didampingi PR III Ir. A.A. Mayun Wirajaya mengungkapkan untuk menumbuhkan semangat meneliti juga diperlukan soft skill dalam melobi, berkomunikasi dan menggolkan ide. Proses penelitian ini juga sebagai media membentuk sikap profesionalisme dan mendapatkan income. Pelatihan diikuti 39 mahasiswa dari 13 program studi di Unwar. Tampil sebagai pembicara Rektor Unwar I Made Sukarsa, Made Wianta Putra, Made Kawan, dan Wayan Runa. Menurut Ketua Panitia I Made Wijaya, S.IP., mahasiwa Unwar setiap tahun mengajukan proposol penelitian ke Dikti, namun sampai sekarang belum ada yang memenangkan hibah bersaing. Namun, ia tak akan putus asa mengajukan proposal ke Dikti. Proposal yang dikirim akan terus ditingkatkan kualitasnya lewat pelatihan bagi mahasiswa.

Wijaya menambahkan lewat pelatihan ini mahasiswa diajak menggali ide baru, meningkatkan kualitas diri dan menambah wawasan serta belajar memecahkan masalah secara ilmiah. (025/*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: