Unwar Disiapkan Jadi Lembaga Sertifikasi Produk Ekspor Bali

Universitas Warmadewa (Unwar) dilirik kalangan eksportir untuk disiapkan menjadi lembaga sertifikasi dan standardisasi produk ekspor Bali. Langkah awal yang dilakukan yakni menandatangani kerja “sama dongan GAIA Italy srl. Naskah kerja sama ditandatangani Rektor Unwar, Prof. Dr. Made Sukarsa, dengan Wakil GAIA Dr. Roberto Morinili, Rabu (26/5) kemarin.

Perjanjian ini berisi tujuh poin kesepakatan yang pada intinya untuk menggairahkan produk ekspor Bali ke luar negeri khususnya hasil produk pertanian.
Program kerja sama ini menurut Ketua Panitia Ir. IB Mahardika, M.S.. juga melibatkan asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraf Indonesia (Asephi) Bali yang diketuai Ngurah Citri dan Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo) yang diketuai Rusmiati.

Ngurah Citra mengungkapkan eksportir Bali adanya lembaga yang secara profesional mengeluarkan sertifikasi dan standardisasi produk ekspor Bali. Idealnya tugas itu dijalani perguruan tinggi dan Unwar dipercaya rnampu menjalankan tugas itu karena SDM dosennya memadai khususnya dalam bidang pertanian.
Saat ini kata Ngurah Citra, produk ekspor Bali ke luar negeri kebanyakan berupa bunga potong dan hortikultura lainnya. Pihak luar negeri perlu adanya jaminan dari lembaga sertifikasi dan standardisasi. “”Saya kira Unwar paling pas memegang peran itu ujarnya.

Prof. Made Sukarsa menyatakan kerja sama ini bagian dari program Unwar go international. la mengaku sudah siap dengan SDM di bidang pertanian yang akan menangani sertifika¬si dan standardisasi produk ekspor Bali. Tinggal ia mempersiapkan secara kelembagaan termasuk minta izin ke dinas terkait. Bagi dia, Unwar akan memiliki daya saing tinggi den¬gan adanya lembaga ini. Di sisi lain Iembaga ini mampu memperluas pasar ekspor Bali ke dunia intemaaional serta kita bisa menjaga mutu produk secara profesional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: