Strategi Mewujudkan Bali Green Province, Judul Orasi Ilmiah Bapak Gubernur Bali dalam Rangka Wisuda Sarjana ke 42 Unwar

Om Swastiastu;
Mengawali orasi ilmiah saya ini marilah kita bersama-sama menghaturkan sembah bakti dan angayubagia kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa karena atas asung kerta wara nugraha-Nya, sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengikuti Wisuda Sarjana ke-42 dan Dies Natalis ke-28 Universitas Warmadewa.

Saudara-Saudara Sekalian,

Akhir-akhir ini wilayah Provinsi Bali telah merasakan dampak pemanasan global dan perubahan iklim, seperti terjadinya pergeseran musim, abrasi pantai yang cukup mengkhawatirkan, berkembangnya berbagai jenis penyakit tropis, menurunnya debit air permukaan, meningkatnya suhu udara, dan Iain-Iain.

Berdasarkan perkiraan para ahli, pulau-pulau kecil termasuk wilayah Provinsi Bali akan mengalami dampak yang cukup signifikan akibat naiknya muka air laut. Sementara itu, Bali yang memiliki sumber daya alam terbatas dengan luas daratan 5.632,86 km2 mengatami tekanan akibat jumlah penduduk yang telah mencapai + 3.891.428 jiwa dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 1,46%. Bahkan sejak beberapa tahun terakhir, jumlah penduduk Bali meningkat cukup tajam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi yang makin kondusif juga menimbulkan tekanan terhadap ketersediaan sumber daya alam Bali. selengkapnya Klik Disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: